Sunat dapat Mencegah Infeksi HIV

LONDON–MIOL: Pria yang disunat mempunyai risiko jauh lebih kecil untuk terinfeksi HIV, virus penyebab penyakit AIDS karena alasan biologi, kata para ilmuwan Amerika, Jumat.
Hasil penelitian memperlihatkan pria yang disunat yang lapisan kulit luar ujung penisnya (bagian alat kelamin pria) telah diangkat mempunyai resiko enam sampai delapan kali jauh lebih kecil untuk terkena HIV (Human Immuno-dificiency Virus) virus penyebab penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh (AIDS) sehingga pengidap akan mudah terserang berbagai penyakit infeksi dan akan berakibat fatal.
Para peneliti dari Universtias John Hopkins di Baltimore, Marrland menemukan sunat pada pria mempunyai dampak sebagai pelindung terhadap HIV namun terhadap penyakit kelamin lainnya seperti syphilys (raja singa) atau gonorrhoea (kencing nanah) sejauh ini belum teruji.
“Spesifikasi dari hubungan antara sunat dan efek perlindungan terhadap HIV lebih ditekankan dalam faktor biologis dan bukan pada perilaku, ” kata Dr Robert Bollinger dalam laporan hasil penelitian yang dimuat majalah kedokteran Lancet.
Sunat adalah tindakan yang kini sudah menjadi kebiasaan di Amerika Serikat dan sudah di lama dikenal belahan dunia lainnya yang berkaitan erat dengan budaya dan agama Islam . Bollinger dan timnya meneliti dari tahun 1993 hingga 2000 kepada sejumlah pria di India dimana kebiasaan sunat bukan hal yang menjadi kebiasaan dinegara itu.
Keseluruhan pria yang berjumlah 2.298 menjalani pengobatan untuk penyakit hubungan seksual pada awal penelitian ditemukan HIV negatif namun sejalan dengan waktu status HIV pria-pria tersebut mengalami perubahan. “Dari sejumlah data ditemukan sunat pada pria akan mengurangi risiko terkena HIV,” kata Bollinger.
Karena penelitian efek sunat dilakukan hanya terhadap HIV maka efek serupa terhadap penyakit akibat hubungan seksual lainnya belum dapat diketahui. Namun Bollinger dan teman-temannya menarik kesimpulan hasil penelitian mereka mendukung hipotesa efek perlidungan terhadap HIV disebabkan dibuangnya kulit paling luar dari ujung penis yang mengandung sel-sel yang bersifat mudah menerima HIV yang dalam perkiraan para ilmuwan menjadi gerbang masuk virus tersebut kedalam alat kelamin pria.
“Dari penelitian kami berkesimpulan kulit paling luar dari ujung (kepala penis) memegang peranan penting dalam penularan penyakit seksual virus HIV dari sisi biologis,” katanya.

Sebagian peneliti telah menganjurkan sunat pada pria dapat dijadikan upaya untuk mencegah penularan HIV. Bollinger dan rekan-rekannya mengatakan uji klinis sunat pada pria dimana dapat diterima secara budaya dan agama dapat memberikan perlindungan dan pencegahan secara efektif terhadap AIDS.

Advertisements

4 Responses to “Sunat dapat Mencegah Infeksi HIV”

  1. jingga Says:

    kata siapa sunat dpt mencegah terjangkitnya HIV.
    satu-satunya cara untuk mencegah HIV itu dengan Kondom
    saya Pribadi nyesel dalu nya gak pakai Kondom dan sekarang saya merasakan akibatnya(terinfeksi HIV)

  2. imunk Says:

    Ya… kata para peneliti dari Universtias John Hopkins di Baltimore, gak baca ya……hehehehehe….
    Menurut saya sih pemakaian kondom gak seratus persen bisa mencegah, bisa saja sudah pake tapi ternyata kondomnya bocor atau sebab yg lainnya.
    Cara satu2nya ya jauhi peyebab terjadinya penyakit itu.
    Lebih baik mencegah daripada mengobati.

  3. Chuzzsha Says:

    Hmmm….
    Klo ilmuwan ntu mah biasanya ahli diatas kertas….
    Klo emg sunat lumayan membantu, nyatanya koq di indonesia yg kena hiv tambah banyak aja???? Emgnya org indo banyakan yg belum sunat kli ya? Wakakakakaka….

  4. imunk Says:

    Hmmm juga deh… 🙂
    menurutku sih emang sangat membantu, coba kamu bayangkan jika orang di indonesia banyak yang tidak sunat, pasti jumlah yang kena HIV lebih banyak lagi dari yang sekarang…. 🙂

    @Chuzzsha
    hayoooo…. kamu sudah sunat belum…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: