Berpikir Sejenak

Setiap kali kau merasa tersesat dan bingung pikirkanlah pepohonan. Ingatlah bagaimana mereka tumbuh. Ingatlah bahwa pohon yang memiliki banyak dahan namun hanya sedikit akar akan tumbang terkena empasan angin pertama. Sementara pohon yang memiliki banyak akar namun sedikit dahan akan selalu memiliki cukup sari makanan.

Akar dan pohon haruslah tumbuh seimbang. Kau harus tinggal di dalam dan di atas hal-hal, sebab hanya dengan demikianlah kau dapat memberikan kerindangan dan perlindungan. Hanya dengan demikianlah kau dapat menghasilkan daun dan buah-buahan pada musim yang tepat.

Dan kelak, di saat begitu banyak jalan terbentang di hadapanmu dan kau tak tahu jalan mana yang harus diambil, janganlah memilihnya dengan asal saja, tetapi duduklah dan tunggulah sesaat. Tariklah napas dalam-dalam, dengan penuh kepercayaan, seperti saat kau bernapas di hari pertamamu di dunia. Jangan biarkan apapun mengalihkan perhatianmu, tunggulah dan tunggulah lebih lama lagi. Berdiam dirilah, tetap hening, dan dengarkanlah hatimu. Lalu, ketika hati itu bicara, beranjaklah, dan pergilah kemana hati membawamu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: