Sudah Sikat Gigi?

Bangun tidur kuterus mandi. Tidak lupa menggosok gigi….

Anda masih ingat lagu di atas? Di masa kecil dulu, lagu ini boleh jadi merupakan salah satu lagu wajib Anda. Mungkin, kini gantian buah hati Anda melanjutkan tradisi tersebut. Lewat syairnya, penciptanya hendak mengajarkan suatu kebiasaan baik, yaitu tidak lupa menggosok gigi saat mandi pagi.

Kebiasaan itulah yang akhirnya dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia. Terbiasa dengan rutinitas menyikat gigi saat mandi, baik pagi maupun sore Namun, jika merujuk pada teori kesehatan gigi, menggosok gigi yang paling tepat adalah setiap habis makan, dan yang paling penting sebelum tidur. 

Apa bedanya menyikat gigi di sore hari dan malam sebelum tidur? Jelas beda, plak akan selalu terbentuk di sekitar permukaan atau sela-sela gigi. Namun, dengan adanya sistem pertahanan tubuh alami yang terdapat pada air ludah atau saliva, bahaya plak bisa dihambat. Karena, keberadaan air ludah yang bersifat basa sangat membantu proses netralisasi kadar asam dalam mulut yang ditimbulkan oleh plak sebagai penyebab gigi berlubang.

Saat kita masih terjaga, produksi air ludah cukup berlimpah. Saraf parasimpatis dan simpatis di tubuh kita selalu mengontrol produksi air ludah yang keluar dari bawah lidah dan dinding-dinding di samping mulut agar terus berjalan lancar. Alhasil, proses pembersihan gigi secara alami (dengan menggunakan air ludah) pun bisa berlangsung lancar.

Di malam hari, saat kita tidur, secara otomatis produksi air ludah akan menurun drastis. Akibatnya, mulut  menjadi kering dan proses penetralan plak tidak dapat berlangsung secara optimal.

Jika kita hanya menyikat gigi di sore hari ketika mandi, maka plak yang muncul akibat sisa makanan di mulut saat makan malam, akan kita bawa hingga tidur. Pada saat itulah bakteri ganas dalam gigi akan berpesta pora karena bisa melakukan tugasnya merusak gigi dengan leluasa tanpa diganggu saliva.
Sebaliknya, jika Anda menyempatkan diri menggosok gigi sebelum tidur, itu artinya Anda memutus proses perkembangbiakan bakteri tersebut. Karena itu, setelah menyikat gigi (di sore atau malam hari), cobalah tahan keinginan Anda untuk makan atau ngemil lagi. Kalaupun minum segelas susu sebelum tidur, boleh saja, tapi jangan lupa berkumur sesudahnya sampai bersih.

Kondisi ideal itu (menggosok gigi setiap habis makan) kadangkala memang sulit untuk diwujudkan. Khususnya bagi mereka yang tergolong aktif dan sering berada di luar rumah. Karenanya, anjuran para dokter gigi untuk selalu menggosok gigi setiap usai sarapan pagi dan sebelum tidur, bisa menjadi pilihan terbaik yang cukup realistis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: